Batu Akik Sungai Dareh Dan Khasiatnya

Posted by

ibatu-akik.blogspot.com - Selamat siang para gemslover.. kali ini saya akan sedikit membahas tentang batu akik sungai dareh. Batu mulia ini sudah dikenal oleh masyarakat dan pertama kalinya ditemukan sejak tahun 1970an di sungai dare. Pada masa itu batu ini juga dikenal dengan nama Giok Kandi dikarenakan banyak ditemukan di sungai kandi serta di bukit puti bungsu tepatnya di daerah solok selatan, dharmasraya Sumatera barat. Masyarakat sekitar meyakini bahwa giok kandi adalah batu sungai dareh yang terbawa arus hingga ke sungai kandi.

Batu sungai dareh ini selain dikenal dengan sebutan giok kandi, batu ini dikenal juga dengan batu lumut. Batu sungai dare ini mempunyai jenis yang beraneka ragam jenis dan corak warna diantaranya yaitu sungai dareh pucuk pisang yang mempunyai warna hijau kombinasi dengan warna kuning dan terkadang mempunyai corak warna hijau tua yang terdapat di dalam batunya begitu pula dengan batu jenis kumbang jati yang mempunyai warna hijau tua didalam batunya ada juga yang menamai totol sayur dan lain sebagainya. Semua jenis batu tersebut yang membedakan adalah corak warnanya saja

Batu akik sungai dareh, manfaat, khasiat, kristal, yang bagus, palsu, asli, kuning, kumbang jati, kembang, pucuk pisang, termahal, kualitas superPada saat ada kabar yakni presiden Amerika Barack Obama telah mengenakan batu sungai dareh dijari manis sang presiden ini, lalu batu ini langsung booming dan sangat terkenal serta mempunyai nilai harga jual yang sangat tinggi bahkan batu ini juga termasuk batu termahal untuk kualitas super kristal sds 01. Untuk itu banyak para kolektor yang memburu batu tersebut. banyak pameran-pameran di indonesia batu akik sungai dareh ini dalam penjualan mencapai hinggal 2 Milyar.

Dinegara Korea, batu sungai dare ini dikenal dengan julukan Jade, sedangkan di indonesia mempunyai nama yang bermacam-macam antara lain yaitu batu sungai dareh, lumuik atau lumut sungai dareh, yang pada intinya batu tersebut jenisnya sama. Batu ini mempunyai tingkat kekerasan 7 skala mohs yang hampir sama dengan giok asal negara china. Harga batu asli yang bagus ini dibandrol mencapai 1 juta dengan ukuran 10mm lebih dengan kualitas batu tersebut sudah kristal maupun hijau bening.

Mitos batu dengan keindahan warna hijau lumut ini mempunyai khasiat yang dipercaya masyarakat yaitu:
  • Dapat memberikan keselarasan dengan alam disekitar kita
  • Dapat menjaga tingkat emosional bagi pemakai
  • Dapat memberikan aura energi dan stamina menjadi lebih bersemangat
  • Diyakini dapat melindungi dari segala bahaya dan hal negatif
  • Dapat memberikan ketenangan pikiran dan menghilangkan stress
  • Dapat menghilangkan energi negatif atau racun didalam tubuh

Blog, Updated at: 00.36