Mengenal Batu Safir/Sapphire Asli Dan Khasiatnya

Posted by

ibatu-akik.blogspot.com - Selamat sore para pecinta batu mulia, berikut ini saya akan membahas tentang batu akik safir atau sapphire. Batu permata safir asli adalah termasuk batuan dengan harga termahal didunia yang sering dipakai perhiasan atau permata mulai dari liontin, cincin, giwang dan lain sebagainya. Batu ini tergolong sebagai batu corundum yang mempunyai banyak kandungan mineral dan mempunyai tingkat kekerasan berskala 9 mohs, seperti halnya dengan batu merah delima(ruby).

Batu safir ini terbentuk oleh zat alumunium oksida yang menjadikan warna blue/biru, namun batu safir ini ada beberapa warna mulai dari kuning, hitam, putih, ungu, vivid blue, batu safir dengan warna selain biru disebut fancy sapphire. akan tetapi batu jenis ini yang mempunyai nilai dan kualitas tinggi yaitu berwarna biru star seperti warna langit biru yang tidak terlalu biru muda ataupun terlalu gelap.

Jenis batu permata ini banyak ditemukan dinegara seperti srilanka(ceylon), madagaskar, afrika, birma(badar mas), australia, amerika utara seperti di Gem Montain, Sungai Missouri yang berada di helena montana. adapun di indonesia yaitu kalimantan, namun batu shapphire kalimantan sendiri mempunyai kualitas biasa dan tidak seperti dari negara-negara tersebut diatas.

Batu Akik Blue Safir/Shappire, Khasiat Safir, Kegunaan, manfaat, biru, star, cylon, vivid, birma, afrika, srilanka, termahal, harga, asliBiasanya batu sapphire yang ada dipasaran ada yang melalui proses treatment atau laboratorium dengan cara dipanaskan dan juga cutting(pemotongan). Proses ini bertujuan supaya batu safir semakin cerah dan berkilau dan pastinya harganya pun akan semakin tinggi, akan tetapi proses treatment ini juga sangat beresiko apabila batu tersebut menjadi pecah rusak dan pudar warnanya.

Batu safir akan lebih mahal apabila alami atau tidak melalui proses treatment, maka dari itu banyak para pembeli atau pemburu batu ini menanyakan sertifikasi dan identifikasi dari laboratorium gemological independen yang berguna untuk mengetahui bahwasanya batu tersebut telah mengalami proses treatment atau alami.

Menurut mitos & Khasiat batu safir adalah sebagai berikut :

  • Dalam sejarah batu sapphire ini adalah batu yang melambangkan kedamaian, ketentraman, kesehatan, kebahagiaan, kebenaran, ketulusan, kesetiaan, serta memberikan aura positif bagi pemiliknya.
  • Selain itu dipercaya juga dapat melindungi pemakainya dari kejahatan, gangguan sihir, roh jahat, jin, binatang buas dan lainya.
  • Ada juga yang percaya dapat membuka tabir penglihatan ajaib
  • Cahaya batu tersebut akan pudar jika sipemakai berbuat maksiat

Blog, Updated at: 03.00